• Add to Facebook
  • Add to Digg
  • Add to Twitter
  • Add RSS Feed

Bukti Komisi digie

Terimakasih atas kunjungan anda - Sukses Selalu

Rabu, 23 Mei 2012

4 Soal Jajanan yang Perlu Diajarkan ke Anak

Diposting oleh Info Untuk Anda di 14.30
img

Anak yang sering jajan sembarangan di sekolah memiliki risiko yang lebih besar terhadap masalah kesehatan. Jajanan yang tidak sehat akan menyebabkan anak mudah terserang penyakit seperti diare, kanker dan menurunnya fungsi otak.

"Berdasarkan data yang dirngkum oleh BPOM tahun 2008 hingga tahun 2010, sekitar 40 sampai 50 persen jajanan anak mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin, borax, rhodamin dan cemaran mikroba," kata Drs. Halim Nababan, MM, Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan BPOM dalam seminar 'Aku Anak Sehat' oleh Tupperware,

Karena orangtua tidak bisa mengawasi anaknya selama 24 jam penuh, orangtua harus mengajarkan kepada anak-anaknya agar lebih selektif dalam memilih jajanan.

Berikut 4 hal yang perlu Anda tanamkan pada anak agar lebih cermat dalam memilih jajanan sehat di sekolah menurut BPOM, antara lain:

1. Pilih jajanan dengan kondisi yang baik

Sebelum membeli makanan, pastikan kondisinya masih segar dan tidak basi. Penjual jajanan kadang tetap menjual makanan sisa jualan hari sebelumnya tanpa memperhatikan kondisi makanan tersebut. Hindari membeli makanan yang telah berlendir, berubah warna atau berubah bau.

2. Hindari membeli jajanan dengan warna ngejreng

Beberapa pedagang menambahkan zat pewarna rhodamin agar makanan lebih menarik perhatian anak-anak. Padahal rhodamin merupakan zat pewarna yang biasanya digunakan untuk pewarna tekstil atau percetakan, yang berbahaya jika digunakan untuk makanan.

3. Hindari jajan makanan yang mengandung bahan berbahaya

Beberapa pedagang nakal kadang menambahkan formalin pada proses pembuatan mie basah dengan tujuan agar mie lebih tahan lama hingga 7 hari. Selain itu, himbau anak Anda untuk menghindari jajanan seperti cilok, cimol dan cireng karena beberapa penjualnya kadang menambahkan borax agar teksturnya lebih kenyal.

4. Belilah makanan yang dijajakan dalam keadaaan tertutup

Para penjual gorengan yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan dalam keadaan terbuka akan membuat makanan tercemar mikroba dan kuman patogen dari debu-debu jalanan. Belilah makanan yang dijajakan dalam kemasan yang lebih tertutup untuk menghindari paparan debu dan kuman.


=================================================

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 Ibens Blog | Design ibentravel.blogspot.com